Label

Jumat, 01 Maret 2013

Chocolate Cupcake


           Selamat pagiii... Assalamualaikum... Kemarin diberi kesempatan oleh Perwakilan Ortu di kelas anakku untuk membuat cupcake yang bertema South Africa untuk dibagikan ke anak-anak sebanyak 25pc. Karena di sekolah sedang diadakan acara International Cultural Day, dimana setiap kelas mendapat penjelasan tentang satu negara oleh nara sumbernya dari negara tersebut secara langsung. Tanpa persiapan karena diinfo satu hari sebelumnya aku hanya memanfaatkan yang sudah ada saja di rumah,,;). Aku pilih rasa coklat yang disukai anak-anak. Jenisnya buttercake karena cupcake nanti akan dicover fondan, sehingga  teksturnya harus yang padat supaya kokoh dan rasanya tidak terlalu manis karena nanti akan dicover fondan yang sudah manis. Dan sebagian lagi pake Buttercream, dihias pake bendera South Africa yang di print sendiri. Cupcake disusun di 3 tiers. Paling atas rangkaian tulisan. Tier kedua rangkaian tulisan dan figurin khas Africa. Lalu tier ke tiga cupcake with buttercream yang dihias dengan tusukan bendera South Afrika. Makasih buat anakku yg udah bantuin bundanya ngeprint bendera South Africa untuk dipasang di cupcake dan terimakasih juga buat Ayah yang udah bantuin nempelin bendera dan bikinin tiernya ya,,^_^. 
                 Lanjut bahas acaranya,,Kelas anakku kedatangan Ibu Maretha Jouberg yang berasal dari Afrika Selatan. Tidak seperti dibayangkan,, orang Africa yang sering diliat di National Geographic, Mrs. Maretha ini kulitnya putiiih,, hahaha. Beliau juga sangat ramah, murah senyum dan cantiik.. Ketika acara selesai Mrs. Maretha ini berkenan untuk berfoto dengan cupcake yang sudah aku buat,, trus dia nanya pake bahasa Inggris *ya iyalah.. "This is you made?" kira kira begitu ya sodara sodara bahasanya,,*nyengir lebarr.......pletak!. Lalu dia memuji  "The cupcake is beautiful,,,", katanya..*hmmm..kayaknya sih gitu deh yang aku tangkep,, apa aku yang kegeeran..hahaha. "Thank you Miss..", kataku dengan senyum senang. Mrs. Maretha juga berkenan membawa satu cupcake untuk dibawa pulang,, *kok cuma satu?.. Nanti yang lain ga kebagian dong,, hehe.
                  Dalam kesempatan tersebut aku juga bertemu Ibu Sabrina, ketua POMG yang dulu pernah ngajarin aku decorating with fondan 2 tahun yang lalu. Senangnya..Ga nyangka malah ketemu beliau disini..:)
                  Alhamdulillah cupcakenya hanya sisa 2pc karena aku juga membawa cupcake untuk perwakilan ortu kelas yang hadir dan guru kelas anakku. Cupcakenya aku tinggalkan untuk OB yang nanti akan membereskan kelas saja. Terimakasih ya mbak Dinna, mbak Suzan, mbak Tanti Fio dan mbak Rita.., Senang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dan melihat kardus kueku kosong,,,hehe

Berikut Resep Cupcake yang aku buat kemarin :


CHOCOLATE CUPCAKE

Bahan A
  1. 195 gr terigu
  2. 75 gr coklat bubuk
  3. 270 gr gula pasir
  4. 1 sdt Baking powder
  5. 1/2 sdt soda kue
  6. 1/2 sdt garam
Bahan B
  1. 170 gr mentega
Bahan C
  1. 250 ml susu UHT
  2. 2 butir telur
  3. 1 sdt vanilla ekstrak
Cara Membuat : 
  • mixer bahan A hngga tercampur rata, masukkan bahan B, mixer hingga berbutir halis, terakhir masukkan bahan C sedikit demi sedikit hingga adonan tercampur rata.
  • Tuang adonan 3/4 cupcase. Panggang dengan suhu 180' sampai adonan matang.
  • Tes kematangan dengan tusuk gigi,  bila sudah tidak lengket berarti adonan sudah matang.
Selamat mencoba..:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar