Label

Senin, 04 Maret 2013

Burger Patty


               Kemarin waktu belanja di supermarket seperti biasa mampir ke bagian daging segar untuk beli daging giling,, Biasanya aku beli untuk bikin bakso atau spagetti, bekal makan siang anak anak di sekolah. Tiba tiba terbersit ide mau bikin patty burger home made saja. Beef burger yg sudah aku tarok di keranjang belanjaan aku letakkan lagi di bagian freezer.
Duluuu sekali pernah bikin patty sendiri dan enak banget menurut aku. Tapi harus bongkar lemari dulu nih cari resepnya. komat kamit mudah mudahan masih ada resepnya,,, hihi. Syukur deh ketemu... Waktu liat tanggal terbitnya, wow,,! Tabloid Nova tahun 2001,, Baru dipraktekkan lagi sekarang.
              Syukurlah bahan-bahannya semua tersedia di rumah. Bikinnya pun ga ribet lho.. Aku bikinnya malam hari, hanya bikin empat patty saja untuk bekal anak anak. Lalu aku panggang setengah matang (Tadi pagi patty aku panggang lagi dengan api kecil hingga matang).
Sisanya lumayan banyak, aku simpan begitu saja di tupperware lalu letakkan di freezer untuk dimanfaatkan dilain waktu. Senang rasanya sudah membuat makanan sehat buat anak anak. Lainkali mau bikin mayonaise dan roti burgernya sendiri *lirik ceu Bet,, Nanti aku share ya kalo udah dipraktekkan dan diuji coba rasanya,, ;)
Selamat mencoba ya,,, semoga bermanfaat,,

Bahan yang dipersiapkan :
1. Roti Burger siap saji
2. daun selada
3. timun, iris tipis serong
4. tomat, iris
5. keju slice
6. saus tomat
7. saus sambal
8. mayonaise
9. margarine

Cara membuat :
  • olesi roti burger dengan margarin, panggang sebentar, bolak balik hingga kecoklatan.
  • olesi kedua roti tadi disisi bagian dalam dengan mayonaise, saus sambal & saus tomat
  • susun bertumpuk mulai roti burger bag bawah, lalu selada, timun, tomat, keju slice dan daging burgernya (patty). Tutup dengan roti burger bagian atas.
  • siap disajikam
Bahan untuk membuat Patty
1. Daging sapi giling 500gr, chopper sebagian
2. 3 lembar roti tawar
4. 50gr susu cair
5. 1 buah bawang bombay

6. 2 butir telur, kocok lepas
7. 2 sdm margarine
8. 1 sachet Royco sapi
9. 1/2 sdt garam. 1/2 sdt gula. 1/2 sdt lada bubuk


Cara Membuat :
  • Rendam roti dengan susu dan kocokan telur hingga lunak, chopper hingga tercampur rata
  • tumis bawang bombay dengan margarine hingga layu, angkat
  • campur ke adonan roti ditambah daging giling dan bumbu lainnya, aduk rata
  • bentuk bulat adonan, lalu pipihkan, panggang dengan wajan teflon yg sdh diberi sedikit margarin
  • panggang hingga matang, angkat.

Noted : daging sapi giling dapat digantikan dengan daging ayam





Tidak ada komentar:

Posting Komentar